Tanah Tiongkok identik dengan segala hal yang klasik, unik, kembali ke alam. Bahkan beragam pengobatan aman karena bahannya yang bersifat herbal menjadi daya tarik tersendiri bagi turis. Setiap bulan Cina tidak pernah sepi pengunjung. Mereka berkunjung karena ingin menikmati indahnya alam dan aneka jejak peninggalan masa lalu yang masih terawat sampai kini.

Nuansa negeri Cina yang penuh keindahan masa lalu menarik hati pengunjung muslim seluruh dunia. Itu mengapa Cina yang mayoritas bukanlah penganut Islam memberikan segala kebutuhan untuk turis muslim. Anda tidak akan rugi berkunjung dan aman berkunjung pada beberapa titik wisata halal Cina berikut ini:

  1. Taman Xiangshan

Taman yang satu ini termasuk dalam jenis terbesar. Letaknya sangat strategis berada di sebelah barat Beijing. Serta jarak tempuh mencapai angka 20 km dari kota tersebut. Taman ini berdiri pada dataran tinggi. Ketinggian tempat taman Xiangshan mencapai 500 meter. Maka sudah dapat dibayangkan indahnya perbukitan dan pepohonan yang mengelilingi area ini.

Belum lagi spot taman dengan pesona indahnya. Ketika Anda masuk ke dalam, warna-warni bunga bermekaran siap menyambut Anda. Anda akan dibawa mengitari lokasi seluas 400 hektare ini ditemani bunga cantik. Uniknya lagi saat Anda masih berada di sini. Kota Beijing yang ramai tapi penuh keindahan tata letaknya dapat Anda lihat dari taman ini. Seru deh pokoknya! Apalagi sambil melakukan foto bersama diantara indahnya bunga dan paviliun klasik yang ada di Xiangshan. Sungguh menjadi momen tak terlupa.

  1. Tian An Men

Spot wisata halal Cina berikutnya adalah Tian An Men. Bangunan ini didirikan berpuluh abad silam tepatnya tahun 1417. Tujuan pendirian tidak lain dipakai sebagai gerbang utama kerajaan dua dinasti besar yakni Ming dan Qing. Arsitektur bangunan begitu mempesona dengan tonjolan ciri khas Tiongkok yang kuat. Gerbang ini sempat beberapa kali terbakar.

Hingga suatu ketika yakni tahun 1615 gerbang tua ini dibangun kembali. Unsur arsitektur asli tidak pernah dihilangkan.Tetapi nama bangunan diubah menjadi Chen Tian An. Makna dari nama baru itu yakni pintu negara. Jadi dapat Anda simpulkan bagaimana kisah bangunan ini. Selain syarat nilai seni, unsur sejarag melekat sampai kini.

  1. Taman Beihai

Taman yang satu ini memang letaknya tidak di area perbukitan. Akan tetapi pemandangan begitu luar biasa. Berdiri di atas lahan berukuran 70 hektare. Taman yang masih indah berdiri sejak masa dinasti Yuan ini tidak pernah sepi pengunjung. Mereka mendatangi taman tersebut karena keindahan begitu luar biasa.

Beihai dikelilingi oleh danau indah yang airnya jernih dan indah. Tepat berada pada posisi tengah, ada sebuah jembatan klasik nan kokoh. Jembatan ini terlihat begitu romantis penuh nilai sejarah. Fungsi dari jembatan ini menghubungkan dengan suatu pulau di area Beihai.

Pulau itu bukanlah tampak biasa saja, begitu unik dan disakralkan. Maklum saja ada sebuah pagoda yang kokoh berdiri di sana. Pagoda ini sengaja didirikan kaisar untuk menghormati arwah para leluhur. Meskipun begitu wisatawan masih diperkenankan untuk mengunjungi area ini. Tetapi tidak boleh melanggar aturan yang ada. Maklum saja tempatnya untuk peribadatan.

  1. Istana Musim Panas

Lokasi keempat yang dapat Anda kunjungi adalah Istana Musim Panas. Tempat ini berada pada ketinggian tertentu, serta lahan yang luas. Lokasinya dikelilingi oleh perbukitan hijau nan asri dan indah dipandang mata. Suasana damai dan tenang langsung kental terasa saat berada di sini. Desain dari istana dikelilingi juga oleh danau yang ada pulaunya juga. Konon menurut cerita dewa naga yang melindungi warga bersemayam di sana.

Istana ini menjadi bagian dari situs yang dijaga Unesco. Alasannya karena istana ini saat tahun 1700 an pernah dijadikan tempat istirahat kaisar beserta keluarga dari dinasti Qing yang terakhir. Saat memasuki area istana masih terdapat 3000 lebih barang peninggalan yang tetap terjaga keasliannya.

Keempat destinasi wisata halal Cina di atas lokasinya berada pada wilayah Beijing. Wilayah ini memang menyimpan banyak sejarah masa lampau. Itulah mengapa saat berada di Cina. Turis langsung menuju Beijing. Yang paling penting Beijing sangat ramah untuk pelancong muslim.