Yordania termasuk salah satu negara di wilayah Timur Tengah yang menawarkan beragam pesona. Deretan pegunungan dan dataran hijau tersusun rapi di bagian utara. Pemandangan alam itu sangat kontras dengan area selatan yang berupa padang pasir dan bebatuan. Maka tidak heran Jordan dijadikan sebagai salah satu destinasi unggulan para traveler, apalagi mereka yang muslim. Negara ini biasanya jadi destinasi liburan utama karena tidak ada kecemasan tentang menu halal dan tempat ibadah.

Jordan juga kental dengan beragam bangunan bersejarah. Bangunan itu umumnya berupa sisa kastil sebagai bukti otentik kejayaan masa lalu. Reruntuhan kastil itu sangat klasik berciri luas bangunan zaman lampau. Bagi siapa saja penggemar fotografi, maka tempat ini sangat cocok. Supaya Anda tidak penasaran langsung saja simak deretan wisata halal Jordan yang siap untuk mengisi liburan Anda.

  1. Petra

Petra termasuk dalam situs dunia yang dimiliki oleh UNESCO, dan ikon penting untuk tempat wisata halal Jordan. Petra bentuknya berupa istana besar dan kuat yang dibangun oleh bangsa Nabatean. Sisi indah petra terletak pada tekstur pahatan batu berwarna orange yang berada di perbukitan. Ketika masa lalu, wilayah ini dipakai sebagai jalur perdagangan penting. Para pedagang biasanya membawa aneka rempah-rempah, sutra, serta komoditas yang lain. Mereka membawa dagangan mulai wilayah Timur Tengah,  Romawi sampai negara Tiongkok.

  1. Wadi Rum

Saat berkunjung ke Wadi Rum pemandangan unik akan terlihat. Area ini dikelilingi oleh bukit bebatuan yang kokoh. Serta daratan yang dihiasi pasir berwarna merah. Kalau Anda perhatikan secara seksama suasana pada tempat wisata halal Jordan ini mirip dengan tampilan sebuah planet. Planet itu tidak lain bernama Mars. Memang sangat mirip sekali apalagi didukung dengan warna kemerahan yang melekat pada pasir. Karena begitu tampak seperti Mars, banyak film  bergenre sains mengambil latar Wadi Rum.

  1. Jerash

Bangsa Romawi sangat berjaya di masa lampau. Kejayaan itu masih terasa hingga kini. Saat Anda mengunjungi Jerash salah satu area wisata yang mempunyai jarak 1,5 km dari kota Amman. Sesampainya di sana wisatawan akan diperlihatkan jejak peninggalan kekuasaan Romawi. Jejak itu berbentuk kompleks kota dari bangsa Romawi. Beberapa puing masih berdiri kokoh dan terawat meskipun usianya telah mencapai ribuan tahun.

Dari sekian reruntuhan serta yang paling terkenal oleh wisatawan yakni oval plaza. Bangunan ini dulunya difungsikan sebagai alun-alun kota. Bentuknya berupa lapangan luas dan besar serta dikelilingi oleh kolom besar dengan arsitektur Romawi yang klasik. Saat berada di sini pengunjung akan menikmati sisa peninggalan arena pacuan kuda, serta amphiteater yang megah.

4. Laut Mati

Area wisata ini disebut laut mati karena kadar garamnya sangat tinggi. Meskipun Anda tidak bisa berenang tetap aman. Anda tidak akan tenggelam, apalagi kalau berpose dengan gaya ekstrem sekalipun. Misalkan pose sambil membaca buku, wisatawan tetap berada di tempatnya. Laut ini sebenarnya berupa danau dengan nilai kedalaman rendah. Ukurannya senilai 400 meter dari bawah permukaan laut.

  1. Pohon Nabi

Pohon ini merupakan jejak peninggalan Rasulullah Muhammad SAW. Meskipun pohon berada pada area padang pasir yang kering, tandu dan gersang. Namun, pohon masih tetap kuat serta rimbun sampai saat ini. Padahal usianya diperkirakan mencapai lebih dari 1400 tahun lalu. Ketenaran pohon yang satu ini tidak lepas dari sejarahnya.

Dahulu saat Rasul Muhammad SAW pergi berdagang ke negeri Syam. Beliau selalu menyempatkan diri berteduh di bawah pohon nan rindang ini. Zaman sekarang pun bagi siapa saja yang ingin berteduh tetap diperbolehkan. Bagi pecinta dunia fotografi, mengambil area foto di sini tidaklah masalah. Lokasi pohon berada di antara perbatasan tiga negara. Perbatasan itu yakni Jordan, Irak dan Suriah.

Serangkaian wisata halal Jordan seperti yang disebutkan di atas tentu memberikan kesan tersendiri. Anda tidak hanya menikmati pesona yang tersaji. Namun kesempatan untuk mengenal lebih dekat sejarah masa lalu dan melihat secara utuh jejak Rasulullah dapat terwujud. Yordania memang negara yang kental unsur sejarahnya. Tidak salah jika negara ini menjadi tujuan perjalanan wisata muslim Anda.