Negeri singa yang penuh dengan modernisasi dan kemajuan dalam berbagai bidang. Ternyata menyimpan aneka destinasi wisata halal Singapura. Meskipun penduduk Islam yang tinggal di negara Singapura hanya 14 persen saja. Namun pemerintah begitu serius menanggapi banyak wisatawan muslim yang berkunjung. Bahkan ada salah satu perkampungan khusus yang menunjukkan ciri khas perkembangan Islam dari masa ke masa.

Nama kampung itu bernama glam, yang diambil dari pepohonan pada daerah tersebut. Penduduk asli kampung itu merupakan cempuran dari ras Arab, Jawa, dan Melayu. Nah kalau Anda berkunjung pada wilayah ini banyak beberapa titik yang wajib dikunjungi. Pastinya sangat ramah untuk pengunjung muslim. Apa sajakah destinasi terbaik yang ditawarkan?

  1. Masjid Sultan

Masjid yang satu ini merupakan peninggalan Sultan Johor. Awal mula didirikan tahun 1826, dengan pendanaan dibantu oleh suatu perusahaan dari Hindia Timur. Seiring berjalannya waktu masjid mengalami renovasi karena banyak faktor. Tetapi lebih mengarah pada sisi estetika dan ukuran dari masjid. Saat pembenahan masjidbpihak Sultan Johor melakukannya tahun 1900 an. Hasil renovasi itu berakibat pada tertampungnya jamaah mencapai 5000 orang.

Sedangkan lokasinya berada di wilayah Muscat Street. Wilayah Muscat umumnya didiami oleh warga pendatang entah itu dari Oman,atau Muscat itu sendiri. Sampai saat ini penduduk yang mayoritas Islam menggunakan masjid itu untuk tempat ibadah utama.

  1. Istana Kampung Glam

Kampung ini menjadi pusat hunian para bangsawan khususnya mereka yang berasal dari ras Melayu. Mereka mendiami kampung sejak abad ke 19. Maka dari itu kampung ini menjadi saksi sejarah kejayaan pemerintahan dan peradaban Sultan Johor. Sejarah itu masih tertinggal hingga kini. Sebagai bukti kebesaran budaya Islam.

Keindahan dari bangunan terletak pada gaya arsitektur yang melekat sampai kini. Desainnya mengarah pada gaya Melayu dan Inggris. Sehingga sejauh mata memandang yang tampak berupa hamparan seni agung bernilai tinggi. Selain dari sisi bangunan ada banyak warisan budaya dari Melayu yang masih tersisa. Warisan itu sudah diakui dan dilindungi oleh monumen nasional pemerintah Singapura.

Pastinya pengunjung tidak akan kecewa saat mengunjungi tempat ini. Menikmati indahnya jejak peninggalan masa lalu. Berwisata sambil belajar sejarah sungguh pengalaman tersendiri. Wisatawan juga bebas mengambil foto dengan beragam background peninggalan budaya bernilai seni.

  1. Jalan Arab

Turis muslim bebas berbelanja saat berada di kampung Glam. Di sana ada area khusus menjual pernak-pernik. Perniknya dikhususkan untuk dekorasi rumah. Soal harga Anda jangan harus pandai melakukan penawaran. Jika ingin mendapat harga tepat sesuai kemampuan. Meskipun harga dapat ditawar kualitas tidak meragukan. Barang sangat bernilai tinggi tiada mengecewakan.

  1. Haji Lane

Satu lagi area perbelanjaan yang biasanya dikunjungi oleh wisatawan adalah Haji Lane. Mereka bebas memilih pernik fashion. Namun, jenis fashionnya termasuk kelompok hipster. Keunggulan lain selain area untuk belanja yakni banyaknya seni mural yang berada di setiap dinding. Turis bebas berfoto dengan latar belakang dekorasi mural. Hasilnya sungguh indah karena motif yang aneka ragam tersebut.

Wisatawan dapat menikmati indahnya hiruk pikuk kawasan Haji Lane saat malam tiba. Di sana beragam kafe dan resto tersedia. Desainnya sangat cozy dengan sangat ramah untuk turis muslim. Anda akan betah berlama-lama berada di kawasan Haji Lane. Menikmati malam di kawasan Haji Lane bersama keluarga tentu sangat menarik dan hangat. Suasana kebersamaan mampu sempurna terpancarkan.

  1. Wisata Kuliner

Berwisata mengunjungi kampung glam tidak lengkap tanpa adanya sajian kuliner yang halal, unik, lezat dan bumbu rempah Asia begitu terasa. Lokasi kuliner untuk tujuan wisata halal Singapura semakin menunjukkan geliatnya saat menghadapi hari besar Islam. Turis akan dimanjakan dengan aneka jajanan dan masakan halal. Jadi wisatawan muslim yang berkunjung saat periode waktu ini sangat diuntungkan.

Wisata halal Singapura memang menawarkan beragam keunikan. Tidak hanya menikmati indahnya bangunan saja. Pengunjung bebas berbelanja, beribadah dan bersantap tanpa khawatir akan apapun. Memang rasanya tidak lengkap berkunjung ke Singapura tanpa menikmati indahnya kampung glam. Karena kampung ini khusus wisata muslim.