Spanyol lebih kita kenal dengan adu bantengnya serta musik flamenco yang khas. Namun siapa sangka jejak peradaban Islam begitu kental di sana. Bahkan pihak pemerintah sengaja melakukan pendongkrakan devisa yang ditujukan pada wisatawan Muslim. Akibatnya beragam tempat sejarah dengan unsur Islam yang kuat. Sampai kini itu semua masih tetap utuh tanpa ada kekurangan satu pun.

Daerah yang masih menyimpan nilai sejarah Islam utuh yakni Andalusia. Wilayah ini kental sekali dengan budaya Spanyolnya sampai sekarang. Sebuah harmoni kehidupan yang seimbang tercipta di sana. Maklum saja dari dahulu area ini sudah dikenal tempat bertemunya Islam dan Kristen. Namun pola kehidupan sangat indah dipandang. Melalui kota inilah ilmu tasawuf berkembang pesat. Sehingga beberapa kerajaan Islam selalu menjadi andalan destinasi wisata halal Spanyol.

  1. Castillo Arabe

Lokasi pertama ini merupakan salah satu bentuk peninggalan istana Islam pertama yang banyak dikunjungi. Megahnya bangunan ini hasil desain bangsa Arab. Ciri khas kastil mempunyai bentuk tertutup dengan tambahan gerbang bentuknya melengkung berpola tapak kuda. Dilihat dari pembangunannya itu terjadi di masa lampau. Masa tersebut menyebabkan ada sejarah yang tertinggal. Lantas bagaimana supaya pengunjung paham detail sejarahnya?

Istana yang berdiri sejak abad ke 12 tersebut berada pada sebuah pegunungan. Tiap pengunjung akan melalui jembatan muslim kuno yang masih tegak berdiri. Saat melewati jembatan jejak semangat masa lalu kental terasa. Bagaimanapun juga desain jembatan begitu menyatu seperti benteng pertahanan. Ketika setapak demi setapak berjalan. Reruntuhan benteng terasa berada di masa lalu.

Pemandangan alam yang begitu teduh terhampar luas di sepanjang jalan. Udara begitu sejuk membuat pengunjung begitu antusias. Sampai tak terasa tiba kastil yang megah menawan hati. Berpijaknya Anda di gerbang istana membuat decak kagum tidak pernah berhenti.

  1. Alhambra

Alhambra merupakan salah satu wisata halal Spanyol yang banyak menjadi incaran pelancong. Karena tempat ini telah terdaftar sebagai situs resmi UNESCO. Bangunan istana yang difungsikan juga sebagai benteng kini sangat menginspirasi beragam cerita dan lagu. Desain indahnya tidak lekang oleh waktu. Setiap kali melangkah dekorasi prasasti Arab yang telah tercetak sempurna dalam pola geometris begitu mewah terlihat oleh mata. Ditambah lagi dengan pola lantai berbentuk matematis, semakin menambah kesan eksotik dan berkelas.

Alhambra ternyata masih menyimpan situs yang beraneka ragam. Setiap situs yang dihadirkan memiliki makna sejarah sendiri. Sejarah akan suatu fungsi dari tiap situs tersebut pada masa lalu. Semuanya mempunyai cerita sendiri-sendiri. Lantas apa sajakah situs-situs tersebut? Justice Gate, Comares Room, Hall of The Boat, Alcazaba dan istana, Pation of Lions.

Beragamnya situs tersebut memang tidak terlepas dari kisah yang melatar belakinginya. Istana ini memiliki fungsi ganda untuk benteng.  Karena posisinya begitu strategis. Kondisi kota secara keseluruhan dapat diamati secara jelas dari sini. Kalau sekarang Anda mengunjunginya, istana ini terletak di San Anton 72 Granada, Andalusia.

  1. Mezquita Del Cristo De La Luz

Tempat wisata ketiga ini dapat dikatakan sebagai masjid Jami yang paling pertama. Bangunan ini didirikan pada suatu periode bernama Moor. Meskipun didirikan pada abad 10, sampai sekarang bangunan kondisinya masih terawat, dan gagah berdiri. Desain bangunan lagi-lagi didominasi oleh ornamen tulisan Arab yang unik. Aksen tulisan tersebut juga menunjukkan bahwa masjid telah berdiri beberapa abad silam.

Selain itu nilai budaya begitu mengakar pada bangunan masjid ini. Pola geometri yang rumit turut menghiasi pilar dan gerbang lengkung. Pola tersebut menunjukkan ciri khas desain bangunan Islam khas spanyol. Memang benar adanya jika harmoni timur dan barat, Islam dan kristen nyata adanya. Itu terlihat dalam desain bangunan masa lampau seperti yang dicontohkan masjid ini.

Tujuan wisata halal Spanyol memang berkesan. Setiap pengunjung tidak hanya melihat keagungan karya arsitektur masa lampau. Namun lebih dari itu fakta kejayaan berpuluh abad yang lalu masih tersaji secara nyata. Ibaratnya sebagai sarana belajar sejarah Islam di negara Spanyol. Satu hal lagi, karena jejak Islam begitu kentara pada negara ini. Saat wisatawan muslim ingin bersantap hidangan halal semua tersedia pada berbagai lokasi.